Pertemuan Kader Posyandu

Jatirejo, (3-3-2018)Bertempat di Balai Desa Jatirejo Kecamatan Jatiroto diadakan pertemuan rutin kader posyandu Desa Jatirejo. Pertemuan hari ini dihadiri oleh semua kader posyandu dari 9 posyandu yang ada di Desa Jatirejo.

Seluruh peserta yang hadir sangat antusias mengikuti pertemuan hari ini. Materi dalam pertemuan hari ini adalah “Komunikasi Efektif” yang disampaikan oleh Ibu Esthi Wulandari selaku Bidan Desa Jatirejo.
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan, pendapat, perasaan atau berita kepada orang lain. Bentuk komunikasi ada 2 jenis, yaitu Verbal (lisan) dan Non Verbal (pakaian, waktu, tempat, isyarat). Untuk membangun komunikasi agar bisa efektif kita perlu mengetahui siapa mitra bicara kita, tujuan, kultur dan bahasa.

Ciri dari komunikasi efektif antara lain, ramah dan bersahabat, asertif (tidak takut mengatakan apa yang akan disampaikan), dua arah (seimbang), responsif(memperhatikan keperluan dan pandangan orang lain), jujur dan bisa imbal balik (nyambung saat diajak berkomunikasi). Komunikasi yang kurang efektif biasanya terjadi karena dia dalam keadaan malu-malu, antagonis (marah-marah,agresif,bernada kebencian), satu arah (tidak responsif), tidak berterus terang.
Untuk bisa menjalin komunikasi yang efektif kita perlu memperhatikan beberapa faktor,antara lain percaya diri, bersikap wajar dalam berkomunikasi, ucapkan kata dengan pelan dan jelas, atur irama saat berkomunikasi, hindari berkata ehm-eee-barangkali, tarik nafas dalam 2 atau 3 kali.

Dalam komunikasi non verbal efektif yang perlu diperhatikan adalah cara berpakaian, waktu dan tempat. Yang perlu dipahami dalam hal ini adalah melengkapi pesan verbal, penyangkalan, penggati pesan dan penekanan pesan. Pertemuan ditutup dengan tanya jawab dan pemberian dorprize kepada peserta pertemuan rutin kader posyandu.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan