Visi Misi

VISI DAN MISI

a.Visi Desa Jatirejo
Visi Desa Jatirejo :
“Menjadi Desa yang Aman, Mandiri, Menuju Masyarakat Makmur, Demokratis, berpendidikan dan Berbudi Pekerti Didukung Sektor Pertanian”

Nilai-nilai yang melandasi:
-Selama bertahun-tahun Desa Jatirejo menyandang gelar sebagai Desa Kategori desa Miskin dan mulai tahun 2010 sudah mendapat prioritas desa berkembang. Sebuah sebutan yang sangat membanggakan dengan sumber daya alam yang ada dan cukup memadai, hanya saja penangangannya kurang maksimal, ini karena belum optimalnya pemanfaatan Sumber Daya Manusia yang ada.
-Sebagian besar warga petani dan buruh tani dan juga ada yang memelihara hewan ternak, membuat industri rumah tangga meskipun dalam skala kecil, biasanya hanya digunakan untuk investasi jangka pendek.

Makna yang terkandung :
1.Terwujudnya : Terkandung didalamnya peran pemerintah, lembaga-lembaga desa, dan partisipasi warga masyarakat yang ada dalam mewujudkan Desa Jatirejo yang sejahtera, aman, mandiri, dan berakhlaq mulia baik secara lahiriah, bathiniah maupun sosial-ekonomi.
2.Desa Jatirejo : adalah satu kesatuan masyarakat hukum dengan segala potensinya dalam sistem pemerintahan di wilayah Desa Jatirejo.
3.Aman : Adalah suatu perasaan yang tenteram dan damai karena adanya keadaan dan kondisi yang kondusif serta terlindungi dari marabahaya mungkin datang setiap saat.
4.Mandiri : Adalah suatu kondisi kehidupan yang kreatif, inovatif, produktif dan partisipatif sehingga mampu memenuhi kebutuhannya sendiri.
5.Makmur : Adalah suatu kondisi kehidupan yang sejahtera, tercukupi segala kebutuhan terutama yang bersumber dari sumber daya alam.
6.Demokratis : Adalah suatu kondisi kehidupan yang masyarakatnya tidak mementingkan kepentingan pribadi / golongan dan memiliki asas bebas berpendapat untuk mufakat.
7.Berpendidikan : Adalah suatu kondisi kehidupan yang mengutamakan pendidikan dalam menunjang perekonomian dan kemajuan.
8.Berbudi pekerti : Adalah suatu sikap, sifat, dan tingkah laku yang berbudi pekerti luhur yang muncul dalam diri manusia karena adanya keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai suatu anugerah dari Tuhan.
9.Pertanian : Bahwa sektor pangan adalah hal utama dalam perekonomian, sehingga tidak akan terjadi kekurangan pangan di Desa Jatirejo.

b.Misi Desa Jatirejo
Misi Desa Jatirejo :
– Meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan pendidikan dan kesehatan. Memberdayakan ekonomi masyarakat.
– Meningkatkan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat.
– Meningkatkan kerukunan dan kualitas peribadatan umat beragama. Mengembangkan budaya masyarakat.

Penjabaran dari Misi Desa Jatirejo adalah :
1.Memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk. Meningkatkan SDM melalui pendidikan formal, informal maupun non formal.
2.Bekerja sama dengan petugas penyuluh lapangan untuk meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan.
3.Meningkatkan usaha pertanian dengan melalui pemanfaatan teknologi terpadu.
4.Meningkatkan sumber pendapatan desa melalui usulan kepada Pemerintah, pihak ketiga, dan mengelola Pendapatan Asli Desa.
5.Mewujudkan pemerintahan yang kredibel, efektif, baik dan bersih (good governence) melalui pelaksanaan Otonomi Daerah.

Facebook Comments